SELAMAT DATANG DI PORTAL RESMI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA SEMARANG     ||     DUKUNG KAMI MEWUJUDKAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI     ||     PTUN SEMARANG BERANI     -     Berintegritas, Efektif, Responsif, Akuntabel, Netral, Ikhlas      ||     PTUN SEMARANG - BANGGA MELAYANI BANGSA     ||

 

Semarang-Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang menggelar rapat bulanan dan sesi pembinaan bagi hakim dan pegawai pada Senin, 26 Februari 2024 sebagai bagian dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan hukum. Dalam rapat yang digelar hari ini, dipimpin oleh Ketua Pengadilan, Bapak Herisman, S.H., S.Sos., M.AP., M.H., para hakim, pejabat struktural dan pejabat fungsional serta para pegawai dan para APP-Cakim turut hadir untuk membahas berbagai isu terkini yang berkaitan dengan kegiatan di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Diskusi meliputi pemaparan berbagai permasalahan dan kendala dalam pelaksanaan tupoksi masing-masing sub bagian, serta langkah penyelesaian sementara untuk mengatasi berbagai kendala tersebut. Selain itu pada sesi pembinaan yang dipimpin oleh Wakil Ketua, Bapak Sugiyanto, S.H., M.H. menegaskan pentingnya kehadiran yang tepat waktu dan konsisten dalam menjaga kelancaran proses peradilan sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 368/KMA/SK/XII/2022 tentang Pedoman Presensi Online untuk Hakim dan Aparatur Sipil Negara pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya Melalui Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian. Beliau juga menyoroti perlunya penegakan sanksi yang tegas bagi pelanggar aturan kehadiran. Rapat bulanan dan sesi pembinaan ini diharapkan akan memberikan dorongan baru bagi seluruh jajaran pengadilan dalam menjalankan tugasnya serta memperkuat citra kelembagaan sebagai penyelenggara keadilan yang bertanggung jawab dan terpercaya.

 

LAPORAN TAHUNAN MAHAKAMAH AGUNG TAHUN 2023, INTEGRITAS KUAT PERADILAN BERMARTABAT

Jakarta-Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., memimpin Sidang Istimewa Penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Agung pada tanggal 20 Februari 2024 di Jakarta Convention Centre. Laporan tahunan tersebut menyoroti tema "Integritas Kuat Peradilan Bermartabat". Laporan Tahunan Mahkamah Agung adalah agenda tahunan yang bertujuan untuk menyampaikan pencapaian kinerja lembaga selama setahun sebelumnya. Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, pejabat tinggi, delegasi asing, serta pemimpin lembaga peradilan dari berbagai negara. Dalam sambutannya, Prof. Syarifuddin mencatat bahwa Mahkamah Agung berhasil mengatasi tantangan pandemi dengan meluncurkan sistem peradilan elektronik dan aplikasi e-BERPADU. Langkah-langkah reformasi internal juga telah diterapkan, termasuk peningkatan kualitas SDM dan pengawasan internal.
Presiden Joko Widodo mengapresiasi inovasi Mahkamah Agung dalam transformasi hukum, menyoroti pentingnya integritas dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap peradilan. Beliau juga menekankan pentingnya SDM yang unggul dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi.
Selain itu, dalam kegiatan Pembinaan Administrasi Yudisial, Prof. Syarifuddin menekankan pentingnya integritas dan akhlak bagi hakim dan aparatur peradilan. Reformasi sistem hukum harus diiringi dengan pembentukan karakter yang kuat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Acara pembinaan ini dihadiri oleh pejabat dan pemimpin lembaga peradilan dari seluruh Indonesia, termasuk juga diantaranya Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, Herisman, S.H., S.Sos., M.AP., M.H, menegaskan komitmen Mahkamah Agung untuk menjaga integritas dan martabat peradilan di negara ini.

Foto : mahkamahagung.go.id

Semarang-Pada pagi awal bulan Februari 2024 ini semangat dan kesehatan para pegawai di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang terus berkobar dengan tradisi yang telah menjadi bagian dari budaya kerja positif, yaitu "Apel Pagi". Kegiatan ini bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi juga menjadi momen berkumpul, berbagi informasi, dan memperkuat kebersamaan di antara seluruh pegawai.

Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, Bapak Herisman, S.H., S.Sos., M.AP., M.H. selaku Pembina Apel, menyampaikan pesan kepada seluruh warga Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang bahwa di bulan Februari ini akan dilakukan perayaan pesta demokrasi di Indonesia, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh ASN Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang agar selalu menjaga diri untuk tetap netral.

Tradisi Apel Pagi di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang telah menjadi kekuatan penggerak di balik semangat dan produktivitas pegawai. Diharapkan, kegiatan ini terus menjadi bagian integral dari budaya kerja di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, menginspirasi produktivitas dan kesejahteraan bagi semua anggota tim.

 

Semarang-Hari ini, Senin, 19 Februari 2024, Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang melepas mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang telah menyelesaikan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 30 hari kerja di pengadilan. Para mahasiswa telah menyelesaikan magang mereka dengan baik, memperoleh pengalaman berharga dalam lingkup tata usaha negara. Acara pelepasan ini dihadiri oleh Wakil Ketua, Bapak Sugiyanto, S.H., M.H., hakim mentor, Bapak Reza Adyatama, S.H., M.H., para APP-Cakim, serta dosen pembimbing dari UIN Saizu Purwokerto. Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas kontribusi dan dedikasi mereka selama magang di PTUN Semarang. Mereka juga berbagi pengalaman dan pembelajaran yang didapat selama menjalani praktik di pengadilan. Wakil Ketua PTUN Semarang menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan semangat belajar mahasiswa selama magang. Beliau juga berharap pengalaman ini dapat memberikan wawasan baru dan memotivasi mereka untuk terus mengembangkan potensi serta berkontribusi dalam dunia hukum di masa depan.

Semarang-Dalam rangka mengakhiri bulan dengan semangat dan kesolidan, Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang menggelar Apel Sore pada Rabu, 31 Januari 2024. Acara berlangsung di Lapangan Apel Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang dan dihadiri oleh seluruh pegawai serta para Hakim. Apel dimulai pukul 16.00 dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, Bapak Herisman, S.H., S.Sos., M.AP., M.H. Pada apel sore ini disampaikan rangkuman rencana pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang yang saat ini tengah dimulai sehingga mungkin akan mengurangi kenyamanan pengunjung. Namun demikian diharapkan hal tersebut tidak akan mengganggu jalannya proses bisnis di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Sesi apel sore menjelang akhir bulan berakhir dengan penuh semangat, memberikan harapan untuk memulai bulan baru dengan semangat yang sama. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terjalin keterikatan yang erat di antara seluruh pegawai, serta memperkuat sinergi yang krusial dalam meraih tujuan bersama.